Minggu, 19 Juli 2009


Semua Orang tahu bahwa kebutuhan dasar manusia adalah sandang,pangan dan papan. Khususnya Pangan,komoditas ikan laut merupakan salah satu komoditas yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari karena selain aman dari bahan pengawet (khususnya ikan segar) juga mengandung banyak sekali zat yang berguna bagi tubuh kita.... Dibandingkan produk hewani lain, seperti daging sapi dan ayam, sesungguhnya ikan memiliki beberapa kelebihan. Selain harga yang umumnya relative lebih murah, ikan yang dijual di pasaran pun jenisnya sangat beragam. Mulai dari ikan laut sampai ikan yang dibudidayakan di air tawar, seperti ikan mas, gurame, mujair dan lele. Kelebihan lain, ikan segar sangat kaya nutrisi, dank arena rendah kalori sehingga ikan cocok bagi Anda yang sedang mengurangi lemak hewani dan sedang mengikuti diet penurunan berat badan. Dan meski memiliki kandungan gizi dan protein relative sama, daging ikan dianggap lebih baik karena mengandung Omega 3 dan Omega 6.
Orang Jepang yang dikenal sangat pandai itu ternyata banyak mengkonsumsi ikan rata-rata orang Jepang mengkonsumsi sekitar 110 Kg/Kapita/Tahun. Jadi rata-rata sekitar 9 Kg perbulan..nah bayangkan tuh...
Sebaliknya sungguh disayangkan untuk Kota Fakfak, sampai saat ini walaupun berbagai jenis ikan tersedia begitu banyaknya di lautan , tapi sampai saat ini belum ada tempat yang cukup representatif untuk para pedagang berjualan ikan...(sebenarnya bukan hanya ikan tapi juga daging segar seperti sapi potong,ayam pedaging dll) akhirnya yah harus terpaksa menggunakan banyak akal untuk berjualan, entah sudah berapakali harus berpindah tempat karena tergerus oleh Petugas Tibum....Memang sungguh ironis dan miris melihatnya...Oleh sebab itu jangan heran kalau kadang-kadang harga ikan juga bisa tidak masuk akal disini ..jangan dipikir murah bisa juga mahal karena mungkin biaya hidup berpindah-pindah membuat menjadi mahal.
Para konsumen juga tidak merasa nyaman karena kalau pas hujan jalanan menjadi becek dan resiko tertabrak kendaraan yang lewat sangat besar..Wajah Kota Fakfak juga kelihatan agak semrawut karena kebanyakan kegiatan dilakukan di tepi jalan raya sehingga mengundang kemacetan.
Di Pulau Jawa misalnya kesadaran orang untuk memakan ikan memaksa pasar swalayan yang sangat elite pun harus menyediakan space yang sangat representatif untuk berjualan tapi jangan kira harganya murah...mahal selangit booo.. lagipula juga udah gak segar/fresh karena udah dibekukan dari lama...
Yah kita sebagai warga Fakfak hanya bisa berharap dan berdoa semoga ke depan Kota Fakfak lebih tampil cantik dengan juga memperhatikan fasilitas penunjang yang pokok bagi masyarakat seperti sarana kesehatan yang memadai,sarana pendidikan yang berkwalitas, sarana perdagangan yang representatif dlsb.

2 komentar:

  1. Kabar ringan dari Fakfak selalu menarik... sangat informatif....Om Alex yang selalu...
    Minta ijin post tulisan ini di blog radio hms (www.radiohmsfakfak.wordpress.com), saya tunggu konfirmasinya.. salam
    ~Nato~

    BalasHapus
  2. Monggo Om Nat...dengan senang hati apabila bisa ikut Nimbrung juga di Blog HMS...Keep on touch Broo..

    BalasHapus